Bangkalan, 11 November – SD Muhammadiyah 1 Bangkalan dengan bangga mengumumkan bahwa bulan Oktober 2024 telah ditetapkan sebagai Bulan Diferensiasi bagi seluruh guru di sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran berpusat pada peserta didik melalui pendekatan diferensiasi, yang disesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan masing-masing siswa.
Kegiatan Bulan Diferensiasi ini diinisiasi oleh Kaur Kurikulum, Moh. Ma'ruf, S.Pd, yang memimpin pertemuan yang dihadiri oleh seluruh guru, termasuk guru kelas 1 hingga kelas 6 serta guru mata pelajaran. Dalam pertemuan ini, mereka berdiskusi mengenai rencana dan strategi untuk mengimplementasikan pembelajaran diferensiasi secara efektif di kelas masing-masing. Diskusi ini berlangsung setiap hari Jumat dalam forum Kombel, di mana berbagai ide dan praktik terbaik dapat dibagikan dan dianalisis.
"Pembelajaran diferensiasi adalah pendekatan dalam pendidikan yang menyesuaikan proses, konten, dan produk sesuai dengan kebutuhan, minat, kemampuan, dan gaya belajar setiap siswa. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap siswa, dengan berbagai latar belakang dan kemampuan, dapat belajar secara efektif dan mendapatkan pengalaman yang bermakna," ungkap Moh. Ma'ruf. Pernyataan ini mencerminkan komitmen sekolah untuk mengadaptasi metode pengajaran yang dapat mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa.
Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, beberapa strategi diferensiasi akan diterapkan. Salah satunya adalah diferensiasi konten, di mana materi pembelajaran akan disesuaikan dengan level pemahaman siswa. Misalnya, penggunaan teks yang lebih sederhana untuk siswa yang membutuhkan, serta teks yang lebih kompleks untuk siswa yang memiliki pemahaman yang lebih baik. Pendekatan ini diharapkan dapat membuat proses belajar mengajar menjadi lebih inklusif dan efektif.
SD Muhammadiyah 1 Bangkalan percaya bahwa dengan penerapan pembelajaran diferensiasi, setiap siswa akan memiliki kesempatan untuk belajar sesuai dengan potensi mereka. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung dan menyenangkan bagi seluruh siswa.
Penulis : Sofi Koesminarsih